GLOBAL

Hadapi Agresi, Pentagon Sesumbar Tumbangkan Pertahanan Udara Rusia di Kaliningrad

Indonesiaplus.id – Jika Moskow melakukan agresi, maka Pentagon telah mengembangkan rencana mengalahkan sistem pertahanan udara di wilayah paling barat Rusia, Kaliningrad.

“Jika harus masuk untuk menumbangkan, misalnya IADS Kaliningrad (Sistem Pertahanan Udara Terpadu), janganlah ada keraguan memiliki rencana untuk itu. Kita berlatih untuk itu,” ujarKomandan Pasukan Udara AS di Eropa dan Afrika, Jenderal Jeffrey Lee Harrigian.

“Kami memikirkan rencana itu sepanjang waktu, dan jika itu akan membuahkan hasil, kami akan siap untuk mengeksekusinya,” ucap Harrigian kepada wartawan, seperti dikutip Sputnik dari media Breaking Defense, Jumat (20/9/2019).

Harrigian menunjukkan respons AS terhadap kemungkinan agresi Rusia dari wilayah Kaliningrad akan multi-domain, sangat tepat waktu dan efektif.

Namun, ia tidak mengungkapkan secara rinci rencana tersebut. Meski begitu ia mengatakan bahwa rencana itu akan mencakup gabungan udara, darat, laut, ruang angkasa, dunia maya, serangan elektronik.

Pakta Atlantik Utara atau NATO memberikan perhatian khusus terhadap wilayah Kaliningrad karena celah Suwalki sebagai salah satu daerah paling rentan jika terjadi konflik militer dengan Moskow.

Celah Suwalki ini merupakan koridor sepanjang 40 mil di sepanjang perbatasan Polandia-Lithuania antara daerah kantong Rusia dan Belarus yang merupakan sekutu Moskow.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close