ECONOMY

Tim Cook: Persaingan Ketat Apple Tak Pasang Target Muluk di China

Senin, 20 Maret 2017

Indonesiaplus.id – Persaingan lokal yang cukup sengit, membuat CEO Apple Inc Tim Cook tidak memiliki target khusus untuk menguasai pasar di China.

Pasar di China memiliki karakteristik yang unik dalam hal mobile payment dan konsumen lokal yang memiliki keinginan lebih besar untuk mengubah kebiasaan. Hal itu disampaikan Cook dalam diskusi panel China Development Forum di Beijing.

Dijadwalkan Apple bakal mendirikan dua pusat penelitian dan pengembangan dalam upaya meningkatkan investasi di China. Pusat penelitian dan pengembangan itu akan bekerja sama dengan sejumlah komunitas perguruan tinggi di China.

Bagi Apple ini merupakan tantangan untuk menghadapi persaingan dengan merek smartphone lokal yakni Oppo dan Huawei yang telah meraih pangsa pasar cukup tinggi.

Tak hanya Apple, Samsung Electronics Co menghadapi tantangan yang sama di China sejak berdirinya Xiaomi Corp pada 2011. Kondisi itu menyebabkan penjualan Apple ke China menurun, dan iPhone 7 gagal meledak di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurut Cook, bahwa China harus membuka diri terhadap investasi asing dan globalisasi telah membantu untuk mengatasi kemiskinan dan telah mengangkat ratusan juta keluar dari kemiskinan di seluruh dunia, bahkan manfaat telah merata di banyak negara.

Inovasi Apple dapat mendorong penciptaan lapangan kerja di China dan bahkan pembangunan pusat pengembangan dan penelitian diperkirakan dapat membuka dua juta lapangan kerja di China.[Sam]

Related Articles

Back to top button