ECONOMY

Perum Bulog Tengah Intervensi Harga Bawang Putih

Selasa, 9 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Intervensi harga bawang putih tengah dilakukan Perusahaan Umum (Perum) Bulog. Harga komoditi Rp 60 – Rp 70 ribu per kilogram (kg) dianggap sudah tidak wajar dan harus segera distabilkan.

Menurut Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti, Perum Bulog memiliki stok bawang putih hasil impor yang masih mencukupi untuk disebar ke daerah yang membutuhkan pasokan. Saat ini Bulog tengah melakukan pemetaan untuk melihat daerah mana yang paling kekurangan stok bawang putih.

“Saya sedang identifikasi. Kalau daerah butuh (pasokan bawang putih) paling lambat ini akan dikirim besok,” ujar Djarot dalam pameran 50 tahun Perum Bulog di gedung Smesco, Selasa (9/5/2017).

Harga pasaran bawang putih, kata Djarot, yang sempat menyentuh Rp 70 ribu per kg, bahkan lebih memang aneh. Sebab harga bawang impor yang dibeli Bulog pun harganya jauh lebih murah dari harga jual tersebut.

Sehingga, penjualan bawang putih dengan kisaran harga Rp 40 ribu per kg saja pedagang masih terlalu banyak mengambil untung. Idealnya saat ini harga bawang putih bisa di kisaran Rp 30 ribu per kg.

Meski enggan menyebut stok bawang putih yang dimiliki, memastikan bahwa Bulog mempunyai volume bawang putih cukup banyak untuk melakukan intervensi harga di pasar. Sehingga harga bawang putih bisa ditekan sesuai dengan rencana Kementerian Perdagangan di harga Rp 38 ribu per Kg, dan kemudian turun kembali secara bertahap.

Perum Bulog telah ditugasi untuk melakukan impor bawang putih sebanyak 1.000 ton. Impor ini sebagai stok Bulog menjelang Ramadhan karena kebutuhan bawang putih dipastikan bakal melonjak.

“Pokoknya jumlahnya ada. Kita akan masukin ke pasar meskipun ini (pasar) banyak dikuasai pihak mereka (pelaku impor),” tandasnya.

Jumlah impor ini bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan. Jika memang jumlah bawang putih dipasaran semakin menipis, maka pemerintah bisa menugaskan Bulog kembali untuk memperbanyak stok. Bawang impor ini rencananya akan didatangkan dari Cina yang memiliki karakteristik mirip dengan bawang putih dari Indonesia.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close