ECONOMY

Komisi XI DPR: Gambar Pahlawan di Uang Baru Perkuat Kebangsaan

Senin, 19 Desember 2016

Indonesiaplus.id – Bank Indonesia (BI) secara resmi mengedarkan pecahan uang baru Tahun Emisi 2016, terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam, Senin (19/12/2016 ini).

Komisi XI DPR turut mencermatinya, yaitu terkait dengan biaya emisinya. Mulai dari desain, pencetakan dan biaya distribusinya.

“Penjelasan BI di balik pengeluaran uang baru tersebut, di antaranya untuk mengganti uang lama yang lusuh, menyesuaikan dengan Undang-Undang Mata Uang dan lain sebagainya. Kami tentu akan terus memonitor perkembangan berikutnya,” ujar anggota Komisi XI, Hendrawan Supratikno di Gedung Parelemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Dengan semakin banyak gambar pahlawan di uang-uang baru tersebut, Hendrawan menilainya positif saja. Sebab, berharap bisa menambah pengetahuan generasi muda. “Soal gambar pahlawan yang semakin banyak, kita harapkan memperkuat rasa kebangsaan kita, memperkuat senyawa dan anyaman NKRI,” katanya.

Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan 11 uang pecahan rupiah baru, terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam. Sejak 71 tahun merdeka, baru pertama kali Indonesia mengeluarkan sejumlah uang baru secara serentak. Kesebelas mata uang baru ini memiliki ciri sosok pahlawan, warna, dan bentuk yang berbeda.[Mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close