ECONOMY

Di Kendari, Sepekan Jelang Ramadhan Harga Bawang Putih Melonjak

Jumat, 26 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Terjadi lonjakan tajam, sejak satu minggu menjelang bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Misalnya untuk harga bawang putih di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kendari, Syam Alam, bahwa harga bawang putih pekan lalu sekitar Rp 60 ribu per kilogram, saat ini telah mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

“Terjadi kenaikan harga bawang putih ini, karena stok yang ada di pasaran saat ini sangat kurang atau menipis. Sehingga harga bawang putih mengalami lonjakan yang begitu signifikan,” ujar Syam di Kendali, Kamis (25/5/2017).

Menurut Syam, pihaknya intens melakukan pantauan sejumlah pasar tradisional yang ada di Kendari termasuk para distributor.

“Untuk saat ini, kami terus melakukan pemantauan harga bawang putih ini. Sebab kami tidak menginginkan nantinya terjadi lonjakan harga yang melampaui dari yang telah ditargetkan,” ucapnya.

Pasokan bawang putih yang berasal dari luar Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu penyebab harga bawang putih mengalami lonjakan harga di pasaran.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Kendari agar memperlancar distribusi barang termasuk pasokan bawang putih di Ibukota Sultra ini banyak dan harga kembali normal,” tandasnya.[Sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close