ECONOMY

Chatib Basri: Digitalisasi Tak Akan Kuasai Seluruh Sektor Ekonomi

Jumat, 30 Maret 2018

Indonesiaplus.id – Diyakini tidak seluruh sektor bisnis dirubah dalam ekonomi era digital. Sebab, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri pada akhirnya akan terjadi ekuilibrium atau keseimbangan di mana sebagian pasar bisa disentuh secara digital dan sebagian tidak.

“Saya kira mungkin terjadi ekuilibrium karena tidak semua market bisa digital, ada hal berkaitan chemistry yang harus dilakukan secara fisik,” ujar Chatib dalam paparannya dalam acara fintech festival di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Gejala tidak seluruhnya bisa disentuh secara digital tersebut terjadi ketika perusahaan berbasis teknologi mulai membuka toko offline.

Seperti Amazon yang mengakuisi gerai-gerai Whole Foods senilai US$13,7 miliar atau Rp180,84 triliun dan Alibaba yang berinvestasi senilai Rp 39 triliun pada sebuah hypermarket terbesar di Tiongkok Sun Art Retail Group.

“Seperti Amazon beli toko fisik, Alibaba mulai beli hypermart, beberapa technology company kembali ke fisik,” katanya.

Pada saat ekuilibrium terjadi, dikarenakan teknologi tidak bisa menyentuh emosi seseorang seperti chemistry ataupun empati.

“Semisal tim sepak bola Jerman itu sudah seperti PS 4 ada data di mana pemain itu diketahui mana yang bagus mana yang tidak, itu bisa dilakukan tapi yang tidak bisa disentuh adalah chemistry-nya,” pungkasnya.[Sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close