ECONOMY

59 Negara Me-lockdown Indonesia, Apindo: Siap-siap Investasi Bisa Kabur

Indonesiaplus.id – Seiring berlakunya aturan 59 negara melarang warga Indonesia masuk ke negara tersebut, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan investasi asing langsung ke Indonesia akan menurun.

Investasi realokasi pabrik ke Indonesia jelas akan terganggu. Pasalnya, sentimen negatif investor yang terpengaruh dengan aturan 59 negara yang memblokir Indonesia dengan kasus covid-19 yang masih tinggi.

“Berpengaruh terhadap pembatasan aktivitas FDI di Indonesia, terutama dari persepsi certainty baik safety maupun investment opportunity di Indonesia di mata investor luar negeri terutama yang ingin merelokasi pabriknya atau operasionalnya,” ujar Wakil Umum Apindo Shinta Kamdhani di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Dari sisi migrasi, kata Shinta, tenaga kerja di bidang jasa, keterampilan dan mobilisasi tenaga kerja akan tertekan. Migrasi tenaga kerja merupakan salah satu langkah untuk mengurangi unemployment.

“Sedangkan, di sisi lain menekan lebih jauh terhadap industri jasa pariwisata Tour dan Travel, Aviasi akibat pembatasan mobilisasi global tersebut,” pungkas Shinta.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close