POLITICS

Penyeleggaran Pemilu Harus Pastikan TPS Aman dari Corona

Indonesiaplus.id – Besok, (15/9/2020) akan dilakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada serentak 2020 yang sudah dimulai oleh KPU.

“Berbagai LSM kepemiluan dan stakeholder terkait diundang untuk memberikan evaluasi dan masukan,” ujar Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Nurul Amalia Salabi di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Namun, kata Nurul, belum tahu apakah jika hasil evaluasi besok, banyak LSM yang meminta Pilkada ditunda kembali atau tetap kukuh dilanjutkan dengan komitmen protokol Covid-19 (virus Corona) lebih diperketat.

Bila Pilkada dilanjutkan dan diperketat, praktik yang ada harus betul-betul membuat pemilih yakin kegiatan memilih di TPS aman dari penyebaran Corona.

Kondisi tersebut mengingat, pelaksanaan pilkada di tengah penyebaran Covid-19 yang makin tinggi berpotensi mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam memilih.

“Bila praktik pemilu masih ada, maka protokol Covid banyak dilanggar dan kita semakin banyak mendengar calon dan penyelenggara pemilu terpapar Covid. Hal ini tentu menakutkan pemilih datang ke TPS,” tutupnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close