Uncategorised

Persiapan Memilih Pensiun Dini, Berikut Lima Cara Agar Sukses

Kamis, 12 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Setelah sekian lama bekerja tak pelak berakibat pada kejenuhan dan turunnya semangat sehari-hari. Kondisi tersebut kini banyak pekerja yang mendambakan bisa pensiun dini.

Pada usia masih muda, pekerja memilih pensiun dini memiliki kesempatan untuk memulai usaha baru. Tak hanya itu, pensiun dini memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat bekerja, kurang tidur, atau kurang waktu berolahraga.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengambil pensiun dini. Apa saja? Berikut lima hal.

Punya target usia
Sebelum memutuskan untuk mengambil pensiun dini, pastikan Anda sudah tau dengan jelas target usia yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin pensiun dini di usia 40 atau 45 tahun. Dengan begini, Anda bisa merencanakan dengan jelas persiapan finansial yang dibutuhkan sebelum usia tersebut datang.

Tahu biaya hidup
Selain menentukan target usia, Anda juga harus menghitung biaya hidup yang diperlukan di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya tersebut dengan tingkat inflasi yang ada.

Ekstra menabung
Setelah memiliki jangka waktu dan target biaya hidup, sekarang saatnya Anda untuk menabung dengan ekstra. Biasakan dengan gaya hidup sederhana, dan kurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Uang sisa yang dimiliki bisa Anda salurkan untuk tabungan masa pensiun Anda.

Rencanakan penggunaan dana pensiun dengan bijak
Beberapa perusahaan menawarkan uang pesangon yang akan diberikan bagi mereka yang ingin mengambil pensiun dini. Walau membantu, Anda juga harus bisa menggunakan uang tersebut secara bijak. Akan sangat baik apabila Anda membuat rencana terlebih dahulu akan penggunaan uang pensiun.

Memiliki pendapatan pengganti
Hal satu ini juga cukup penting. Setelah Anda pensiun dini, bukan berarti Anda tinggal duduk manis menikmati dana segar yang Anda dapatkan. Anda juga tetap harus memikirkan darimana sumber penghasilan yang akan didapat di masa yang akan datang.

Penghasilan ini bisa datang dari investasi yang Anda buat, atau mungkin Anda mengumpulkan uang dari bisnis yang dijalankan.[Mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close