TECHNOLOGY

Pertama Kali Virus Komputer Diciptakan 10 November 1983

Kamis, 10 November 2016

Indonesiaplus.id – Pada 10 November 1983, untuk pertama kali virus komputer diciptakan seorang mahasiswa doktoral Universitas Southern California (USC) Amerika Serikat, Fred Cohen.

Virus komputer dia pamerkan dalam seminar keamanan di Lehigh University, Pennsylvania, AS, pada tiga dekade lalu. Dikutip dari Todayinsci, Rabu 9 November 2016, Cohen menciptakan virus komputer pertama kali saat dia menjadi mahasiswa doktoral USC.

Saat mahasiswa lain menulis potensi penciptaan program jahat. Namun, Cohen memilih berbeda yaitu memilih menunjukkan bagaimana program komputer jahat bekerja. Dalam papernya, ia mendefinisikan virus sebagai program yang bisa menginfeksi program lainnya dengan memodifikasi menjadi versi program yang terinfeksi.

Ia memasukkan virus komputer ciptakannya ke program grafis yang dinamakan VD. Virus masuk ke dalam VD dan menggunakan izin dari pengguna untuk melihat bagian lain dari komputer Vax yang dipakai untuk menulis program VD. Begitu virus masuk langsung menyebar ke sistem komputer.

Cohen menerima gelar doktor teknisi elektrik pada 1986. Menurut data alumni dari USC, Cohen merupakan orang pertama yang secara ilmiah menulis virus komputer. Keahliannya dalam virus komputer muncul saat dia mempelajari kriptografi.

Ilmuwan asal AS itu menulis beberapa buku tentang keamanan komputer yang telah tersebar luas di antaranya A Short Course on Computer Viruses dan Protection and Security on the Information Superhighway.

Selain menjadi peneliti, kariernya Cohen cukup malang melintang. Misalnya dia menjadi presiden di perusahaan bernama The Radon Project, Kepala All Things Incorporated, ilmuwan senior di SAIC Inc., sampai Direktur Manajer Fred Cohen and Associates sebelum dia bergabung dengan Sandia National Laboratories pada 1996.[Wan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close