TECHNOLOGY

Pada Jumat Ini Terjadi Gerhana Bulan Terpanjang Dalam 500 Tahun Terakhir

Indonesiaplus.id – Fenomena alam akan terjadi gerhana bulan terpanjang dalam lebih dari 500 tahun pada Jumat (19/11/2021) dini hari dan akan berlangsung selama beberapa jam. Juga, puncak gerhana sebagian itu akan terjadi ketika 97% bulan akan terhalang oleh bayangan Bumi.

Sebelumnya, gerhana sebagian terpanjang terjadi pada 2018 dan berlangsung kurang dari dua jam dan gerhana kali ini akan berlangsung selama beberapa jam, demikian diwartakan RT.

NASA menyatakan bahwa fenomena ini akan terlihat dari seluruh 50 negara bagian Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko, serta sebagian Amerika Selatan, Polinesia, Australia, dan China.

Juga, bulan akan berada pada titik terjauh dari Bumi selama gerhana, memperlambat orbitnya dan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk bergerak keluar dari bagian tergelap bayangan planet, yang dikenal sebagai umbra.

Sedangkan, bulan, bumi dan matahari semua akan dalam garis sejajar dan peristiwa ini dimulai segera usai tengah malam dan tidak seperti gerhana matahari, tidak ada yang membutuhkan kacamata khusus untuk melihat fenomena tersebut.

Pada saat gerhana terjadi, bulan akan berwarna kemerahan dengan hanya sebagian kecil bulan yang terlihat. Selain itu, peristiwa ini akan berlangsung selama beberapa jam, menjadikannya terpanjang dari jenisnya dalam 580 tahun dan peristiwa serupa akan terjadi pada bulan berikutnya tidak terjadi hingga Mei 2022.[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close