TECHNOLOGY

Ilmuwan NASA Bagikan Foto Planet Mars Didominasi Warna Merah dan Biru

Indonesiaplus.id – Foto baru planet Mars penuh dengan warna biru, sekaligus membuktikan Planet Mars tidak hanya didominasi warna merah tetapi juga warna biru.

Hal itu terungkap usai astronom NASA baru saja berbagi foto menggunakan kamera infra merah khusus di atas pengorbit Mars Odyssey.

Para peneliti mengambil gambar termal kutub utara Mars, yang diwarnai secara digital untuk menyoroti kisaran suhu yang luas di sana.

Area diwarnai warna biru mewakili wilayah yang lebih dingin, sedangkan area yang lebih hangat diwarnai dengan warna kuning dan oranye, menurut pernyataan NASA.

Pada gambar – yang menutupi area kutub dengan lebar sekitar 19 mil (30 kilometer) – bukit pasir yang luas berbaris dalam arus keemasan, dihangatkan oleh matahari di satu sisi dan dingin dalam kegelapan di sisi lain.

Dengan pemandangan rumit ini yang hanya terdiri dari sebagian kecil dari seluruh kutub utara Mars, yang mencakup area seluas Texas, kata para peneliti.

Seperti halnya dengan Bumi, kutub Mars tempat terdingin di planet mereka, dengan suhu turun hingga minus 220 derajat Fahrenheit (minus 140 derajat Celcius) di musim dingin, menurut National Weather Service.

Namun, kedua kutub Mars ditutupi dengan tutup permanen terbuat dari es air, kendati es karbon dioksida (lebih dikenal sebagai es kering) menambah pemandangan dingin di musim dingin.

Selain itu, para ilmuwan percaya beberapa danau air cair mungkin juga bersembunyi di bawah kutub selatan Mars.

Sedangkan, pada gambar berwarna di atas merupakan gabungan dari beberapa bidikan yang diambil oleh pengorbit Odyssey antara Desember 2002 dan November 2004.

Dibagikan oleh NASA pada 8 April untuk merayakan ulang tahun ke-20 pengorbit di luar angkasa itu yang diluncurkan pada 7 April 2001.

Sejak itu, observatorium terapung dan telah mengirimkan lebih dari 1 juta gambar termal Mars kembali ke Bumi, menurut NASA.

Selain mengungkap kemungkinan lokasi air es yang tersimpan di planet ini, mata Odyssey di langit juga menjadi anugerah bagi saudara-saudara robotiknya di bawah.

Berdasarkan data dari Odyssey yang membantu para ilmuwan NASA memilih lokasi yang ideal untuk menyebarkan penjelajah Perseverance pada Februari 2012.[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close