TECHNOLOGY

Di Google Maps Bisa Cek Titik Penyekatan PPKM Darurat

Indonesiaplus.id – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pengguna bisa memantau lokasi titik-titik penyekatan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya lewat Google Maps.

Aplikasi peta besutan Google itu menyediakan informasi titik-titik penyekatan di sekitar kawasan DKI Jakarta. Polda Metro Jaya awalnya melakukan penyekatan di 63 titik di Jakarta dan sekitarnya.

Pada Senin (5/7/2021) Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo menambah jumlah titik penyekatan menjadi 72 lokasi. 37 titik merupakan pembatasan mobilitas dan penyekatan masyarakat yang akan masuk ke Jakarta.

Sedangkan, di 35 titik lainnya merupakan pembatasan mobilitas dan pengendalian mobilitas yang ada di dalam kota Jakarta, maupun di Kota Tangerang, Depok dan Bekasi.

“Dari total 72 titik penyekatan oleh Polda Metro Jaya, sebanyak 5 titik dilakukan di gerbang tol, 9 di exit tol, 19 titik di batas kota dan 39 titik di jalur utama, ” ujar Hendro di Jakarta, Selasa (6/7/2021).

Namun, pengguna bisa mendapat informasi sejumlah titik penyekatan dari aplikasi Google Maps dengan cara berikut.

Pertama, buka aplikasi Google Maps, lalu klik ikon layer yang ada di samping kanan yang berbentuk persegi. Pilih layer traffic pada Google Maps untuk menampilkan titik-titik penyekatan.

Kedua, pilih layer traffic

Ketiga, akan muncul berbagai lokasi dengan tanda penutupan jalan di peta.

Keempat, jika di klik muncul keterangan bahwa jalan itu ditutup disertai dengan keterangan nama jalan dan sampai kapan jalan akan ditutup.

Kelima, pengguna diminta untuk berkontribusi untuk memberitahu Google Maps dan pengguna lain apakah benar jalanan itu masih ditutup atau tidak.

Sejak PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 pihak kepolisian memberikan sejumlah syarat agar pengguna jalan tetap bisa melanjutkan perjalanan.

Juga, pengendara diminta untuk menunjukkan kartu vaksin dosis pertama dan hasil tes RT PCR ataupun rapid tes swab antigen untuk dapat melintasi titik penyekatan agar tak diminta putar balik.

Pengendara akan diberi akses untuk melintas titik penyekatan ialah mereka yang masuk kategori sektor-sektor esensial dan kritikal.

Selain itu, pihak kepolisian akan membagi penyekatan menjadi wilayah-wilayah pembatasan mobilitas dan pengendalian mobilitas dan penutupan dilakukan pukul 06:00 hingga 04:00 pagi.[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close