POLITICS

Tjahjo Bilang, Siap Gelar Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018

Rabu, 3 Mei 2017

Indonesiplus.id – Pemerintah menyatkan siap menggelar Pilkada serentak 2018. Salah satu yang telah siapa terkait data tunggal KTP-el dan nomor induk kependudukan (NIK).

“Tentu kami telah siap kalau urusan data tunggal KTP-El,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Selain itu, Kemendagri telah meneken kontrak produksi 7 juta keping blanko KTP-el. Sekitar 4,8 juta keping blanko ditargetkan selesai Oktober 2017. Itu bakal digunakan untuk mencetak KPT-el masyarajat yang sudah merekam data namun belum memegang fisik kartu.

“Perekaman data penduduk pun menjadi salah satu prioritas. Terutama bagi mereka yang baru menginjak usia 17 tahun. Target kami 7,8 juta sekian sudah terdata NIKnya tunggal,” katanya.

Selanjutnya tinggal melakukan sinkronisasi kebutuhan Komisi Pemilihan Umum terkait penyelenggaraan pilkada. Tjahjo menyebut ada keinginan penyelenggara menerapkan sistem e-voting atau pemungutan suara berbasis elektronik.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu menyebut, bahwa pihaknya beserta DPR siap mengakomodasi itu. Menurut Tjahjo, menerapkan sistem e-Voting dengan peserta Pilkada sebanyak 171 daerah tidak terlalu susah karena penunggalan data sudah dilakukan. “Kalau mau e-voting pun kami siap. DPR juga sudah sepakat,” tandasnya.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close