POLITICS

Mahasiswa Ikut Demo Mau di-DO, Dahnil: Ini Ancaman Serius

Indonesiaplus.id – Terkait adanya ancaman dikeluarkan atau drop out (DO) dari universitas terhadap mahasiswa yang ikut aksi sangat disayangkan.

Pasalnya, hal itu sebagai bentuk ancaman terhadap konstitusi Indonesia, sejatinya melindungi setiap warga negara untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum.

“Jadi adanya ancaman DO oleh kampus bagi mahasiswa yang ikut berdemonstrasi merupakan ancaman serius terhadap konstitusi Indonesia. Ancaman serius terhadap kebebasan mimbar yang seharusnya dijunjung tinggi oleh universitas,” cuit dari akun Twitter @Dahnilanzar, seperti dikutip Jumat (4/10/2019).

Lini massa daring diramaikan dengan pemberitaan mengenai adanya pengaduan dari mahasiswa lantaran bakal dikeluarkan atau drop out dari universitas akibat ikut aksi unjuk rasa.

Aksi unjuk rasa yang menyuarakan tuntutan penolakan terhadap revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan beberapa RUU kontro versi lainnya dari 23 hingga 30 September 2019 lalu.

Berbagai elemen yang hadir sebagai peserta aksi bukan hanya dari kelompok buruh dan koalisi masyarakat sipil melainkan juga mahasiswa hingga pelajar.

Menurut anggota Tim Advokasi AMuKK, Alghiffari Aqsa bahwa puluhan laporan tersebut salah satunya mengenai pengaduan dari mahasiswa yang akan dikeluarkan atau drop out dari universitas akibat ikut aksi.

Aksi serentak itu menimbulkan banyak korban dari mahasiswa, bahkan ada yang sampai tewas akibat tertembak.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close