GLOBAL

Vladimir Putin Akui Rusia Bantu China Kembangkan Sistem Perisai Udara

Indonesiaplus.id – Untuk kali pertama, Presiden Vladimir Putin mengakui bahwa Rusia membantu China mengembangkan sistem peringatan serangan rudal canggih.

Hingga saat ini, teknologi semacam itu hanya dimiliki oleh Rusia dan Amerika Serikat (AS). “Ini hal serius yang secara drastis akan meningkatkan kemampuan pertahanan China,” ujar Putin saat berbicara di sebuah konferensi internasional di Sochi, seperti dilansir PressTV, Jumat (4/10/2019).

Sedangkan Putin menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang fungsi sistem dan teknologi yang diterapkan di dalamnya.

Biasanya sistem tersebut melibatkan serangkaian radar berbasis darat dan satelit ruang angkasa yang memungkinkan untuk melihat lebih dini jika ada rudal balistik antarbenua (ICBM) yang masuk, yang mampu membawa beberapa hulu ledak nuklir.

Dengan perkembangan itu sendiri terjadi ketika Rusia dan China meningkatkan kerja sama strategis mereka, sementara berselisih dengan AS karena langkah-langkah agresif Presiden Donald Trump.

Namun, sejauh ini belum ada pernyataan dari China mengenai kerjasama dengan Rusia dalam pengembangan sistem peringatan serangan rudal canggih tersebut.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close