NATIONAL

UNHCR: Tak Tahu Sampai Kapan Pencari Suaka Bertahan di RI

Rabu, 17 Juli 2019

Indonesiaplus.id – Kepastian sampai kapan pencari suaka akan tinggal di Indonesia. Mengingat keadaan di negara asal mereka masih tidak aman.

Hal itu disampaikan representatif United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Indonesia, Thomas Vargas bahwa pihaknya tidak memiliki target sampai kapan para pencari suaka bertahan di Indonesia.

“Tidak bisa bahas target kalau bicara solusi. Banyak pencari suaka yang ingin pulang kalau mereka bisa. Tapi situasi di negaranya tidak aman. Pencari suaka adalah mereka yang terpaksa melarikan diri dari negaranya karena perang, kekerasan HAM yang masif, mereka tidak aman,” ujar Thomas di Kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Pihak UNHCR akan terus menunggu sampai keadaan kembali aman di negara asal para pencari suaka. Sedangkan saat ini, situasi belum kondusif, UNHCR akan terus membantu semampunya untuk mencari tempat yang aman bagi pencari suaka.

UNHCR juga bekerjasama dengan pemerintah agar pencari suaka bisa mandiri. Pihaknya berharap, nantinya akan ada solusi dimana para pencari suaka tidak perlu lagi bergantung pada sedekah dari orang lain.

“Para pencari suaka memiliki alat atau cara untuk mengurus diri mereka sendiri, sehingga mereka tidak perlu bergantung pada sedekah dari orang lain,” tandasnya.

Selain itu, UNHCR menilai Indonesia sudah membolehkan para pencari suaka untuk tinggal sementara. Dia mengatakan, pemerintah provinsi bahkan sampai turun tangan untuk membantu para pencari suaka.

“Pemerintah provinsi menjadi sangat terlibat dalam membantu para pencari suaka yang membutuhkan. Dan kita bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk membantu sebanyak yang kami bisa,” ujarnya.

“Kami rasa dengan adanya pihak-pihak lain yang terlibat, kita semua bahu-membahu membantu semampu kita untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari para pencari suaka yang paling rentan di Indonesia,” pungkasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close