NATIONAL

Ribuan Dolar AS dan Puluhan Juta, OTT KPK Amankan Pejabat UNJ dan Kemendikbud

Indonesiaplus.id – Operasi tangkap tangan (OTT) kembali digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kabag Kepegawaian Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dwi Achmad Noor di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada OTT tersebut, KPK bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Deputi Penindakan KPK, Karyoto mengatakan, awalnya penyidik mendapat informasi dari Itjen Kemendikbud adanya praktik rasuah oleh Rektor UNJ kepada pejabat di Kemendikbud.

Menurut Karyoto, Rektor UNJ, Komarudin, diduga meminta sejumlah uang kepada seluruh dekan fakultas dan

lembaga di UNJ untuk masing-masing menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta melalui Dwi.

Lalu, uang itu akan diberikan sebagai bentuk THR kepada Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud dan beberapa staf SDM di Kemendikbud.

“Awal kegiatan adanya bantuan dan informasi dari pihak Itjen Kemendikbud kepada KPK perihal dugaan akan adanya penyerahan sejumlah uang diduga dari pihak Rektor UNJ kepada pejabat di Kemendikbud,” tandas Karyoto, Kamis (21/5/2020).

Usai menerima informasi tersebut, penyidik KPK bergerak dan menangkap sejumlah orang. Penyidik juga mengamankan sejumlah uang dari praktik rasuah tersebut.

“Hasil OTT KPK dan Itjen Kemdikbud mengamankan Dwi Achmad Noor (Kabag Kepegawaian UNJ) beserta barang bukti berupa uang sebesar USD 1.200 dan Rp 27.500.000,” pungasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close