NATIONAL

Prokes Warga Menurun, PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Dua Pekan

Indonesiaplus.id – Dalam dua pekan ke depan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali berlevel kembali diperpanjang hingga Senin (29/11/2021).

Tercatat di sejumlah daerah turun level penanganan Covid-19 dalam perpanjangan PPKM kali ini. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 10 kabupaten/kota pindah ke level 2, dan lima daerah berpindah ke level 1.

“Dari jumlah keseluruhan kabupaten/kota masuk ke level 1 menjadi 26 Kabupaten Kota, level 2 menjadi 61 Kabupaten/Kota, dan Level 3 menjadi 41 Kabupaten/Kota. Untuk detail keputusan ini akan kembali dituangkan dalam Inmendagri,” ujar Luhut.

Kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) mulai menurun. Menko khawatir turunnya kepatuhan masyarakat tersebut dapat memicu gelombang ketiga Covid-19.

“Untuk menyambut nataru yang akan datang, pemerintah akan berkoordinasi mengetatkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi dan protokol kesehatan utamanya di tempat kerumunan,” ungkapnya.

Komandan PPKM Jawa-Bali meminta semua pihak tak egois dan mau menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ia mengingatkan lonjakan kasus Covid-19 yang kini terjadi di sejumlah negara di Eropa.

“Di tengah angka peningkatan kasus di Eropa dan beberapa negara lain yang terus tinggi, saya kembali mengajak kita semuanya tidak egois dan saling berbesar hati agar kita sama-sama bisa menaati kembali protokol kesehatan,” katanya.

Juga, Pemerintah akan terus menggenjot akselerasi program vaksinasi Covid-19 terutama vaksinasi dengan target sasaran lansia di wilayah yang capaian vaksinnya masih di bawah 50 persen.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close