NATIONAL

Pos Pengawasan: Guguran Gunung Karangetang di Sitaro Meningkat

Senin, 28 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Dilaporkan terjadi aktivitas kegempaan gunung api Karangetang, di Kecamatan Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, meningkat dengan menyemburkan lava pijar pada Senin (28/1/2019).

Menurut Kepala Pos Pengawasan Gunung Karangetang Yudi Tatipang, sejak pagi tadi gunung setinggi 1.827 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami aktivitas kegempaan guguran sebanyak 20 kali, dengan amplitudo 3-9 mm, dengan waktu 40-65 detik.

“Iya, terjadi guguran lava berpindah ke puncak kawah dua ke arah utara atau ke arah sungai Kiawang dan Batuare, Kecamatan Siau Barat,” ujar Yudi, Senin (28/1/2019).

guguran lava, kata Yudi, terpantau sejauh 1.000 hingga 2.000 meter ke arah utara. Untuk kawah utama,  saat ini hanya mengeluarkan asap putih.

“Namun hingga saat ini visual gunung terhalang kabut jadi kita harus keluar pos untuk memantaunya,” katanya.

Dalam radius aman, lanjut Yudi, berada pada 2,5 kilometer dari kawah dua (utara) dan perluasan ke sektor  selatan, tenggara, barat dan baratdaya sejauh tiga kilometer.

Pada status Gunung Karangetang sudah ditetapkan berada pada Siaga Level III pada Desember 2018 lalu. Yudi  mengimbau agar masyarakat tidak mendekati atau beraktivitas di sekitar gunung.

“Warga diimbau untuk menyiapkan masker penutup hidung dan mulut jika terjadi hujan abu sewaktu- waktu,” katanya.

Juga, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai juga diminta mewaspadai aliran lahar dingin dan banjir bandang yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Terlebih saat ini sedang musim penghujan, agar masyarakat di bantaran sungai meningkatkan kewaspadaannya terutama di sungai Kiawang dan Batuare hingga ke pantai,” pungkasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close