NATIONAL

Peringatan Dini BMKG Tiga Hari Kedepan, Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter

Indonesiaplus.id – Peringatan dini potensi gelombang tinggi dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di sejumlah wilayah perairan Indonesia selama tiga hari ini mulai Senin (11/10/2021) pukul 7:00 WIB sampai Rabu (13/10/2021 pukul 7:00 WIB.

Berdasarkan data BMKG terjadi pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot. Di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur – Selatan dengan kecepatan angin berkisar 8 – 20 knot.

“Untuk kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan barat Lampung hingga selatan Jawa Barat, Laut Natuna Utara, Selat Karimata dan Laut Sulawesi bagian barat,” tulis BMKG, Senin (11/10/2021).

Peringatan dikeluarkan untuk mewaspadai potensi risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran: Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Juga, Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Kepada masyarakat mohon yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” tulis BMKG.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close