NATIONAL

Maluku Utara Diguncang Gempa 5,2 SR dan Tak Potensi Tsunami

Sabtu, 5 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Wilayah Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, diguncang gempa berkekuatan 5,2 skala richter (SR).

Pusat gempa berada pada jarak 23 km arah selatan dari Halmahera Selatan, Sabtu, 5 Januari 2019, pukul 17.54 WIB.

Sedangkan titik gempa berada di kedalaman 10 km, titik koordinat gempa berada di 0,85 lintang selatan (LS) dan 127,54 bujur timur (BT).

Guncangan gempa dirasakan di daerah Labuha dengan intensitas III Modified Mercalli Intensity (MMI), Weda dan Gane Barat dengan intensitas II MMI.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono di Jakarta, Sabtu (5/1/2019).

Gempa terjadi karena deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun (normal fault). “Dari hasil pemodelan, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Hingga kini, belum adanya laporan kerusakan akibat gempa. Namun, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close