NATIONAL

KPU Kota Bekasi: Pelipat Surat Suara Dikasih Upah Rp75 per Lembar

Rabu, 13 Maret 2019

Indonesiaplus.id – Kegiatan pelipatan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi sebanyak 5.147.289 surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bekasi, Senin (11/3/2019).

Menurut KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni pada hari pertama pelipatan surat suara, pihaknya terlebih dahulu melakukan untuk jenis surat suara pemilihan legislatif (pileg) DPRD Kota Bekasi.

Pada proses sortir dan pelipatan surat suara tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 300 pekerja pada hari pertama, untuk selanjutkan akan dievaluasi.

“Sistem kerjanya mulai pukul 08.00 – 17.00. Namun tidak tertutup kemungkinan, kami akan buka untuk shift malam dengan jumlah tenaga 100 atau 200 orang, sehingga bisa lebih cepat proses pelipatan,” ungkap Nurul.

Untuk penyortiran dan pelipatan surat suara logistik Pemilu sudah selesai akhir Maret 2019, sedangkan pada 5 April, semua logistik sudah siap didistribusikan.

Kemudian dilanjutkan pada 10 April, baru akan didistribuskan ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Pelipatan satu surat suara, satu orang akan mendapat honor sebesar Rp75. Untuk surat suara Pilpres, per surat suara masing-masing pekerja mendapat honor Rp65,” katanya.

Awal April 2019 proses pelipatan tiga jenis surat suara itu harus sudah selesai. “Kami targetkan pada 5 April proses mulai dari pelipatan, setting kotak, kemudian setting ATK, sudah rampung,” ujarnya.

Wakil Divisi Logistik KPU Kota Bekasi, Achmad Edwin Sholihin, mencatat saat ini jumlah surat suara yang dikerjakan sampai dengan 10 hari kedepan sebanyak 5.147.289 surat suara.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close