NATIONAL

ISPA, Diare dan Gatal Mulai Serang 764 Korban Banjir Bekasi

Kamis, 23 Februari 2017

Indonesiaplus.id – Pasca banjir yang menerjang Kota Bekasi, Jawa Barat, pada 19 sampai 22 Februrari 2017. Sebanyak 764 korban mulai terserang penyakit dari bakteri yang terbawa aliran banjir tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanti Saidi, sebanyak 426 korban di antaranya menderita gatal-gatal dan 217 orang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). “Korban banjir menderiat diare 121 orang,” ujar Kusnanti, Rabu (22/2/2017).

Dari data itu yang diperoleh dari petugas puskesmas dan posko kesehatan di kawasan banjir sejak empat hari terakhir. Memang, ketiga jenis penyakit itu paling rawan menyerang para korban banjir. Juga, ditambah lingkungan kurang bersih menjadi penyebab penyakit meudah menyerang.

“Para korban banjir lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka atau di tempat pengungsian daripada mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih aman,” tandasnya.

Hingga saat ini, persediaan obat-obatan untuk warga masih aman. Para korban telah mendapatkan obat sesuai dengan penyakitnya. Juga, para petugas kesehatan telah siaga di tempat pengungsian dan Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Dinni Bayuwati mengatakan, sekitar 200 warga korban banjir di wilayah itu sudah menjalani pemeriksaan. “Sebagian besar warga di sini sudah diperiksa, terutama yang mengalami gangguan tiga penyakit tersebut, baik bagi balita dan orang dewasa,” tandasnya.[Sap]

Related Articles

Back to top button