NATIONAL

Diprediksi Besok Terjadi Peningkatan Arus Lalin Natal dan Tahun Baru 2020

Indonesiaplus.id – Diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 dimulai besok, Jumat (20/12/2019).

Hal itu karena para pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA memasuki hari libur dan menjadi acuan prediksi pergerakan masyarakat untuk berlibur.

“Jadi, yang pasti di akhir tahun tapi kemungkinan dimulai sejak besok sudah ada, tapi ini tersebar,” ucap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat Hery Antasari usai Apel Ops Lilin Lodaya 2019, di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (19/12/2019).

Usai apel, Dishub bersama instansi terkait seperti kepolisian sudah mengantisipasi volume kendaraan yang meningkat hingga 40 persen. “Biasa ada peningkatan volume arus lalu lintas 40 persen,” katanya.

Fokus di titik yang menjadi konsentrasi pengamanan adalah dibukanya Tol Layang Jakarta-Cikampek. Dibukanya Tol Japek II perlu diwaspadai, karena menjadi pintu utama pergerakan masyarakat dari Jakarta. “Kita perlu waspadai, seperti dibukanya Tol Japek 2, seperti pintu masuk dan keluar,” ungkapnya.

Sedangkan di beberapa proyek di Jabar berpotensi menghambat arus lalu lintas akan dihentikan sementera. “Dari Kemenhub proyek-proyek untuk dihentikan, mudah-mudahan terlaksana di lapangan,” harapnya.

Dishub Jabar sudah mengecek 4.000 bus. Masih ditemukan bus yang tak layak beroperasi. “Dari 4.000 yang di ramcek itu 33 persen diperkirakan tidak layak,” katanya.

Selain itu, pihaknya sudah mengimbau agar PO bus melakukan perbaikan pada armadanya. Jika membandel, bus tersebut akan dihentikan operasionalnya.

“Menyepakati akan diintensifkan penegakan hukum di luar terminal-terminal, karenakan kalau terminal itu kewenangannya ada di Dishub, kalau di luar itu di pihak kepolisian,” tandasnya.

Telah diinstruksikan kepada Dishub di kota dan kabupaten untuk memaksimalkan penerapan rambu-rambu di seluruh titik.

“Kemarin, rambu sudah mengerahkan Dishub kota dan kabupaten untuk mengerahkan seluruh kemampuannya membuat rambu temporer maupun permanen,” pungkasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close