NATIONAL

BMKG: Gempa M 4,8 Guncang Tasik dan Terasa hingga Cianjur

Indonesiaplus.id – Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, pada Kamis (9/1/2020) diguncang gempa tektonik berkekuatan Magnituto 4.8.

Gempa tersebut terjadi sekira pukul 05.05 WIB yang berpusat di koordinat 8.10 LS – 107.95 BT, tepatnya berada di laut pada jarak 54 km barat daya Tasikmalaya dengan kedalam 11 kilometer.

“Dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak gempa bumi itu terjadi merupakan gempa bumi Dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia,” ujar Kepala Stafgeo Kelas I Banfung Toni Agus Wijaya di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Selain itu, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Tasikmalaya dan Ciamis dengan Skala Intensitas III MMI, Garut dan Cianjur II-III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” katanya.

Monitoring BMKG hingga kini belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun, masyarakat dihimbau agar tetap tenang.

“Juga, masyarakat agar terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut,” ungkapnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close