NATIONAL

BMKG Deteksi 2 Siklon Tropis Berdampak Bagi Cuaca di Wilayah Indonesia

Indonesiaplus.id – Terdeteksi dua siklon tropis di utara wilayah Indonesia, yakni Conson dan Chanthu. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa siklon tropis Conson saat ini berada di Samudera Pasifik barat, sebelah timur Filipina atau sekitar 980 km sebelah utara Tahuna.

“Gerak siklon ini ke barat laut berkecepatan 10 knots (20 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia dan diperkirakan intensitas Siklon Tropis Conson persisten 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut,” tulis BMKG, Selasa (7/9/2021).

Siklon tropis Chanthu di Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina atau sekitar 1.860 km sebelah utara Manokwari). Arah gerak siklon ini ke barat laut dengan kecepatan 9 knots 150 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Perkiraan BMKG intensitas siklon tropis Chanthu meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut. Siklon tropis Conson memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa:

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Juga, gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter di perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan Bitung-Kepulauan Sitaro, perairan utara dan barat Kepulauan Halmahera, Laut Maluku, dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

Lalu, siklon tropis Chanthu juga memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Termasuk gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter di perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan Bitung-Kepulauan Sitaro, perairan utara dan barat Kepulauan Halmahera, Laut Maluku, dan Samudera Pasifik utara Halmahera.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close