HUMANITIES

Peringati HANI, Poltekesos Bandung Gelar Pelatihan Daring P4GN

Indonesiaplus.id – Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung gelar kegiatan Pelatihan Daring Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahap ke-1 dengan tema “Narkoba dan Kesehatan Jiwa”, Senin (28/6/2021).

Webinar merupakan puncak rangkaian kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2021, yang telah digelar sebelumnya yaitu Penguatan Kapasistas Satuan Tugas Anti Napza Poltekesos Bandung Menuju Kampus Bersinar yang digelar dua hari, Rabu dan Jumat (23 dan 25 Juni 2021.

Kegiatan digelar melalui zoom meeting dan disiarkan melalui live streaming TV Harmoni, Radio Streaming, Youtube, Facebook serta laman.

Kegiatan Pelatihan Daring P4GN dengan tema “Narkoba dan Kesehatan Jiwa” ini sebagai hasil kolaborasi antara Poltekesos Bandung dengan BNNP Provinsi Jawa Barat, BNNK Kota Bandung, Artipena dan TV Harmoni dalam mensukseskan kegiatan HANI Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekesos Bandung Marjuki mengapresiasi Dr. Epi Supiadi, M.Si Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selaku Ketua Satgas Poltekesos Bandung beserta Jajarannya dan mengucapan terima kasih kepada Narasumber.

“Semoga materi yang diberikan dapat menambah wawasan dan memberikan pencerahan kepada para anggota Satgas dan kepada seluruh peserta yang hadir mengenai narkoba dan kesehatan jiwa” katanya.

Dampak penggunaan narkoba jangka pendek maupun jangka panjang negatif bagi kesehatan mental, maka berbagai gangguan kesehatan mental dapat dialami oleh pengguna narkoba mulai depresi, halusinansi, hangguan cemas hingga Paranoia.

Dilansir dari BNN RI, bahwa narkotika adalah zat bersifat alamiah, sintetis atau semi sintetis yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi serta daya rangsang, serta banyak dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba terhadap kondisi psikis seseorang.

“Poltekesos Bandung tegas menolak segala jenis penyalahgunaan Napza dan dengan ikhlas menjadi relawan P4GN, sebagai bentuk nyata menuju Kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar), “ tandas Marjuki.

Webinar dihadiri 456 partisipan terdiri dari Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Poltekesos Bandung, Ketua Satgas Anti Napza Poltekesos Bandung beserta jajarannya, Ketua Unit Kajian dan Layanan Napza Poltekesos Bandung, Pengurus dan anggota organisasi dibidang penanggulangan Napza.

Juga, Panitia HANI 2021, BNNP, BNNK dan Artipena Jawa Barat, Pegawai dan mahasiswa di lingkungan Poltekesos Bandung, serta Pegawai di lingkungan Kementerian Sosial RI.

Diikuti oleh 11,1 ribu partisipan yang mengikuti secara Live Streaming TV Harmoni terdiri dari sebagian mahasiswa peserta deklarasi War on Drugs dari Perguruan Tinggi lainnya di Jawa Barat. Partisipan melalui Radio Streaming sebanyak 57 partisipan, melalui media sosial Youtube sebanyak 153 partisipan, facebook sebanyak 71 partisipan dan melalui laman sebanyak 789 partisipan dari unsur masyarakat secara umum.

Pelatihan Daring P4GN bertema “Narkoba dan Kesehatan Jiwa” menghadirkan para narasumber di antaranya dr. Elvina Katerin S, SpKj Balai Besar Rehabilitasi BNN dengan materi Gangguan Penggunaan Zat dan Gangguan Mental;

Dr. Epi Supiadi, M.Si Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selaku Ketua Satgas Poltekesos Bandung dengan materi Narkoba dan Gangguan Kesehatan Mental: Issue dan Data Empiris; serta Dra. Yeane EM Tungga, MSW Ketua Unit Kajian dan Layanan (UNIKALA) Napza Poltekesos Bandung dengan materi Narkoba dan Kesehatan Jiwa.

Webinar dipandu oleh Nilla Shilvia Nur Awali Duta Seni Poltekesos 2020 selaku MC dan Drs. Aam Muharam, M.Si Dosen Poltekesos Bandung selaku Moderator.

Kegiatan serupa akan digelar secara Daring oleh P4GN tahap ke-2 akan dilaksanakan dua pekan lagi yang akan digelar oleh BNN Provinsi Jawa Barat.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close