HUMANITIES

Dukung Hak Disabilitas, Poltkesos Bandung Menuju Kampus Inklusi

Indonesiaplus.id – Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung merayakan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2022 sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak di seluruh tanah air, dengan tema “Indonesia Maju Anak Terlindungi.”

Salah satu kegiatan berupa “Bioskop Berbisik” pada 28 Juli 2022 yang digelar di Auditorium Poltekesos Bandung dengan mengundang 45 anak dari anak disabilitas sensorik netra, sensorik rungu wicara, disabilitas intelektual ringan, down syndrom dan anak autis yang berasal dari SLB Wiyata Guna dan Forum Komunikasi Anak Dengan Disabilitas Kecamatan Coblong.

Kepala Laboratorium Prodi Rehabilitasi Sosial selaku Ketua Pelaksana Bioskop Berbisik Rini Hartini RA, mengungkapkan bahwa kegiatan bertujuan selain memperingati HAN 2022 juga untuk membangun kampus yang inklusi disabilitas.

“Kegiatan untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak penyandang disabilitas agar bisa bermain dan belajar. Pengalaman baru bagi anak penyandang disabilitas menonton film dengan ditemani 41 Pendamping dari mahasiswa Poltekesos Bandung yang telah dilatih melakukan pendampingan bagi anak terutama terkait Orientasi dan Mobilitas yang akan memvisualisasikan cerita dalam tayangan film tersebut, ” ujar Rini Hartini.

Adapun judul film yang ditonton adalah Keluarga Cemara 2 yang masih tayang di bioskop-bioskop, namun pihak Cinema ictures telah memberikan kesempatan istimewa bagi anak-anak dapat menonton pada acara yang digelar. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Cinema Pictures, ” kata Rini.

Selain itu, bagi anak anak yang hadir dihibur dengan penampilan musik band dari Sentra Abiyoso, juga anak-anak yang diberikan kesempatan untuk tampil bernyanyi.

“Terlihat anak-anak dan keluarganya sangat senang, serta kami berharap mereka akan bisa ikut serta lagi dalam kegiatan lainnya di kampus Poltekesos,” katanya.

Selain itu, kegiatan dibuka secara resmi oleh Epi Supiadi Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mewakili Direktur Poltekesos.

“Pada hari ini merupakan moment yang sangat menggembirakan tidak saja buat anak-anak yang hadir, tetapi bagi kita semua yang melihat anak-anak ceria Bahagia dengan didampingi oleh mahasiswa Poltekesos Bandung, ” ungkap Wadir 3.

Setiap anak memerlukan kesempatan agar bisa mengekspresikan apa yang menjadi minat, bakat dan kebutuhannya, tidak terkecuali anak penyandang disabilitas. Kehilangan penglihatan menyebabkan anak dengan disabilitas sensorik netra sulit melakukan mobilitas.

Juga anak penyandang diasbilitas fisik, seperti untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya yang diinginkan. Salah satu aktivitas yang menarik dilakukan anak adalah menonton film, karena dengan menonton film, anak dapat menghilangkan stress dan rasa penat, memberikan inspirasi, menambah wawasan dan informasi, serta memberikan rasa bahagia.

Bioskop Berbisik sangat baik dan bermanfaat bagi anak penyandang disabilitas, tak terkecuali mahasiswa Poltekesos dalam memberikan pendampingan agar lebih mengenal bagaimana interaksi sosial dengan anak penyandang disabilitas sensorik netra, sensorik rungu wicara dan fisik serta memunculkan rasa peka dan kepedulian terhadap anak penyandang disabilitas.

“Kepada bapak dan ibu yang telah bersedia membantu dan mendukung kegiatan ini. Kita bersama-sama menjadi satu pilar pelindung dan memberikan pemenuhan hak anak-anak penyandang disabilitas, ” ungkapnya.

Dalam membangun kampus inklusi banyak hal yang harus dilakukan. Dengan memulai kegiatan ini, Poltekesos optimis terus berupaya membangun kampus inklusi yang memberikan kesempatan dengan baik bagi anak-anak disabilitas untuk bisa belajar dengan nyaman, kampus ramah terhadap disabilitas, serta memberi kesempatan untuk berkiprah dan berkembang.

“Kami berterima kasih kepada para donator yang telah turut mensukseskan acara ini, semoga kebaikan akan selalu menyertai bapak/ibu semuanya. Ke depannya kami dan lembaga bapak/ibu dapat menjalin relasi dengan baik, menyelenggarakan banyak event-event bermanfaat bagi masyarakat. Juga kepada berbagai pihak dari Wiyata Guna Bandung, dari BLBI Abiyoso dengan Musik Band nya. Saya juga berterimakasih dan penghargaan kepada panitia pelaksana kegiatan ini, yang telah menghadirkan event yang sangat berharga di kampus kita ini,” tutur Epi Supiadi.

Turut hadir dalam kegiatan Bioskop Berbisik ini dari para Donatur dari Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Dago, Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Setiabudhi, Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Perguruan Tinggi Bandung, Bank Mandiri, Visinema Pictures, Owener PT. Es teh Indonesia, Kepala Sentra Wiyata Guna Bandung, Kepala Balai Literasi Braille Indonesia “Abiyoso”, Civitas akademika Poltekesos Bandung, serta orangtua anak disabilitas.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close