HEALTH

Cara Jitu Hindari Penyebab Utama Jerawat di Punggung

Jumat, 7 Juli 2017

Indonesiaplus.id – Bacne atau jerawat di punggung merupakan hal biasa dialami oleh pria maupun wanita. Hal itu terjadi karena hormon dan pola makan sebagai dua faktor pemicu terjadinya bacne.

Selain itu, ahli dermatologi Christie Kidd mengungkapkan ada faktor lain yang juga sering menyebabkan bacne namun jarang disadari. Salah satunya, faktor tersebut ialah teknik mandi yang salah.

Saat mandi dan keramas, Kidd mengatakan sebagian besar orang umumnya melakukan keramas terlebih dahulu. Setelah membilas sampo, banyak orang yang kemudian mengaplikasikan kondisioner pada rambut.

Usai mengaplikasikan kondisioner, banyak orang yang kemudian melanjutkan mandi sambil membiarkan kondisioner tetap di kepala. “Jadi, terakhir kita lakukan adalah membilas kondisioner,” ujar Kidd seperti dilansir Daily Mail.

Membilas kondisioner setelah mandi merupakan kesalahan umum dalam cara mandi yang dapat memicu timbulnya bacne. Alasannya, sisa-sisa minyak dari kondisioner dapat tertinggal di punggung tanpa sempat dibersihkan dengan sabun. Sisa-sisa minyak ini dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat di punggung.

Kidd mengungkapkan urutan pertama yang seharusnya dilakukan saat mandi adalah keramas terlebih dahulu. Gunakan kondisioner secara merata pada rambut setelah sampo terbilas bersih.

Pada tahap selanjutnya, bilas kondisioner hingga bersih dan ikat rambut ke atas sehingga tidak ada rambut yang menyentuh bagian tubuh. Setelah itu, tahapan mandi bisa dilakukan untuk membersihkan tubuh dan juga sisa-sisa minyak dari kondisioner yang mungkin menempel.

Selain itu, ada beberapa tips terkait cara perawatan jerawat yang benar. Kidd mengatakan orang-orang yang sering bermasalah dengan jerawat sebaiknya mengindari penggunaan scrub yang menyebabkan pengelupasan kulit ataupun sikat berputar pada area yang berjerawat.

Kedua hal tersebut, kata Kidd, dapat memperburuk kondisi jerawat. “Anda harus merawatnya dengan sangat hati-hati dan mencucinya dengan tangan Anda saja,” ujarnya.

Namun ada hal lain yang perlu dihindari ialah penggunaaan kain lap mandi pada area yang berjerawat. Alasannya, kain lap mandi memiliki tekstur yang kasar. Kain lap mandi juga berpotensi menyebarkan bakteri jika tidak dicuci dengan rutin. “Menjaga (perawatan) tetap sederhana dan efektif jauh lebih baik untuk jerawat,” jelasnya.[Mas]

 

Related Articles

Back to top button