GLOBAL

Membahayakan! Pabrik Kopi di Vietnam Gunakan Serbuk Baterai untuk Campuran

Kamis, 26 April 2018

Indonesiaplus.id – Baru-baru ini seorang produsen kopi Vietnam, terciduk menambahkan bahan rahasia ke dalam bubuk minuman kopi.

Sungguh mengerikan, sebab ditambahkan dalam bubuk kopi bukan bahan alami untuk penyedap aroma atau penambah cita rasa. Namun, bahan kimia berbahaya seperti baterai bekas, debu kotoran, serta batu.

Perbuatan membahayakan nyawa orang lain ini terjadi di provinsi Dak Nong, Vietnam. Pabrik yang dimiliki oleh seorang wanita bernama Nguyen Thi Loan itu digeruduk polisi dan inspektur makanan, setelah mendapat informasi dari warga sekitar. Warga mengabarkan, ada sesuatu yang mencurigakan di dalam pabrik tersebut.

Pada saat penggerebekan, 12 ton kopi kotor’ disita. Termasuk, di antaranya 35 kilogram serbuk hitam yang diekstrasi dari baterai bekas dan ember cairan hitam yang tidak diketahui jenisnya, seberat 10 kilogram. Demikian dikutip dari World of Buzz.

Setelah diinterogasi oleh pihak berwenang setempat, Loan menolak tuduhan dan mengaku membeli semua biji kopi dari produsen lain dengan harga murah untuk memangkas biaya produksi.

Biji kopi tersebut akan digiling sebelum memasukkan debu dan batu ke dalam campuran. Langkah terakhir adalah pencelupan cairan hitam untuk menipu konsumen.

Dilaporkan pabrik Loan telah beroperasi selama bertahun-tahun. Tahun ini tiga ton kopi kotor telah dijual ke pasar. Polisi mengambil beberapa sampel untuk menjalankan serangkaian tes laboratorium.[Fat]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close