GLOBAL

Istana Putuskan Besok Lantik Muhyiddin Yassin Jadi PM Malaysia

Indonesiaplus.id – Usai bertemu dua kubu politik yang berkonflik soal sosok pengganti Perdana Menteri interim Mahathir Mohamed.

Keputusan Istana Negara akan segera melantik Tan Sri Muhyiddin Bin Md Yassin sebagai Perdana Menteri Malaysia.

“Setelah menerima perwakilan dari semua pemimpin partai dan anggota parlemen independen, menurut pendapat Yang Mulia, anggota parlemen Pagoh Tan Sri Muhyiddin Bin Md Yassin kemungkinan memiliki kepercayaan anggota parlemen,” ujar pengawas keuangan kerajaan Ahmad Fadli Shamsuddin dalam sebuah pernyataan, Sabtu (29/2/2020) sore, seperti dikutip laman Straits Times.

Disebut Muhyiddin akan dilantik Ahad (1/3/2020) pukul 10:30 di Istana Negara. Raja memutuskan bahwa proses penunjukkan perdana menteri tidak boleh ditunda karena negara membutuhkan pemerintahan untuk kemakmuran rakyat dan negara yang kita cintai.

Raja Malaysia memutuskan bahwa ini merupakan hasil terbaik untuk semua. “Yang Mulia berharap krisis politik ini akan berakhir,” katanya.

Sebenarnya, Muhyiddin berada di partai yang sama dengan Mahathir, yakni Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM). Namun, dia telah bergandengan tangan dengan United Malays National Organisation (UMNO) dan Malaysian Islamic Party untuk memperoleh dukungan sebagai perdana menteri.

Dua tahun lalu, pada pemilu Malaysia UMNO tergabung dalam koalisi Barisan Nasional. Mereka mengusung petahana Najib Razak sebagai perdana menteri. Keputusan Muhyiddin bermitra dengan UMNO telah dikritik Mahathir.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close