GLOBAL

Diduga Terlibat Kudeta 2016, 223 Personel Militer Turki Resmi Ditahan

Indonesiaplus.id – Sebanyak 223 personel militer yang diduga terlibat dalam kudeta gagal pada 2016, secara resmi diperintahkan untuk ditahan oleh pemerintah Turki.

Laporan stasiun televisi lokal Turki TRT Haber, Sabtu (14/9/2019) dilansir Reuters, bahwa ratusan tentara ditangkap di seluruh negeri. Lebih 200 orang ditahan, 100 dari Angkatan Darat (AD), 41 dari Angkatan Udara (AU), serta 32 dari Angkatan Laut (AL).

Usai penahanan ini, secara keseluruhan lebih dari 77.000 orang dipenjara dan menunggu persidangan. Lalu, ada 150.000 Pegawai Negeri Sipil, tentara dan pegawai instansi lainnya telah dipecat atau diberhentikan sementara dari jabatannya.

Kendati hujan kritik dari dunia internasional, terutama negara sekutu dan kelompok pejuang Hak Asasi Manusia (HAM),

terhadap skala penahanan yang terjadi namun Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terus melanjutkan kebijakan tersebut.

Alasan yang dipakai pemerintah Turki adalah langkah sebagai respons yang harus dilakukan untuk menghapus ancaman keamanan nasional. Kritik disampaikan menilai Erdogan menggunakan kudeta gagal sebagai alasan untuk menundukkan pihak oposisi.

Selain itu, Erdogan menuduh Fethullah Gulen, pemimpin spiritual warga Muslim Turki, otak di balik kudeta 3 tahun lalu. Namun, dibantah oleh Gulen yang bermukim di pengasingan di Pennsylvania, AS sejak 1999.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close