GLOBAL

Brexit Gagal, PM Theresa May Umumkan Mundur Pada 7 Juni

Ahad, 26 Mei 2019

Indonesiaplus.id – Pernyataan akan mundur pada 7 Juni mendatang disampaikan Perdana Menteri Inggris Theresa May sebagai pemimpin Konservatif.

Keputusan pengunduran diri tersebut membuka jalan pemilihan perdana menteri baru. Seperti dilansir BBC, dalam sebuah pernyataan emosional, May mengatakan telah melakukan terbaik untuk Brexit dan itu adalah penyesalan yang mendalam dia tidak dapat melakukannya.

Menurut May bahwa dia akan terus melayani sebagai perdana menteri selama pemilihan kepemimpinan Konservatif berlangsung.

Partai itu mengatakan, pihaknya berharap pemimpin baru bisa berada di tempat tersebut pada akhir Juli. Sehingga hal itu berarti May masih akan menjadi perdana menteri ketika Presiden Amerika Seriat Donald Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada awal Juni.

Lebih jauh ditanya soal pengumuman perdana menteri, Trump mengatakan, “Saya merasa sangat tidak enak pada Theresa. Saya sangat menyukainya. Dia wanita yang baik. Dia bekerja sangat keras. Dia sangat kuat.”

May mengatakan, dia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif (Tory) pada tanggal 7 Juni. Dia telah sepakat dengan ketua pendukung Tory bahwa pemilihan untuk menggantikannya harus dimulai minggu berikutnya.

Hal terbaru, Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt menjadi anggota parlemen mengatakan ia akan mencalonkan diri. Dia akan bergabung dengan Boris Johnson, Esther McVey dan Rory Stewart.

Lebih dari selusin anggota parlemen lainnya diyakini serius mempertimbangkan untuk mengikuti pemilihan.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close