GLOBAL

Bangkai Kapal Dagang SS Macumba, Setelah 74 Tahun Ditemukan

Jumat, 6 October 2017

Indonesiaplus.id – Kapal dagang SS Macumba terbaring di bawah kedalaman Laut Arafura, di lepas pantai Teritorial Utara Australia. Setelah 74 tahun, kapal Macumba diserang pada bulan Agustus 1943 oleh dua pesawat Jepang.

Serangan sangat telak langsung ke ruang mesin kapal. Tiga pelaut terbunuh, dan korban selamat diselamatkan ke sebuah kapal pendamping. Macumba dibiarkan tenggelam, dan keberadaannya tidak diketahui selama beberapa dekade. Bangkai Kapal Macumba ditemukan pada tengah malam setelah sekitar 10 jam mencari oleh para peneliti dari CSIRO.

Peneliti erasa beruntung menemukan bangkai kapal tersebut karena hanya memiliki beberapa jam lagi untuk pencarian. “Sangat beruntung juga kami memiliki tim yang hebat dan sonar yang melihat beberapa fitur yang tidak biasa di dasar laut di dekat area pencarian kami. Kami melakukan belokan ekstra di luar area pencarian. Saat itulah kami menemukannya, kata CSIRO’s Marine National Facility Voyage Manager, Hugh Barker seperti dilansir Mashable, Kamis (5/10).

Kapal tersebut, kemungkinan membentuk terumbu buatan, dan akan menjadi rumah bagi berbagai kehidupan laut. Ini menjadi jelas saat kamera di turunkan ke bawah. “Kamera kami turunkan dan mendapat foto-foto jarak dekat ikan hiu karang yang menjaga situs ini. Malam itu istimewa bagi semua orang di kapal dan kami sangat senang menemukan tempat peristirahatan terakhir Macumba,” katanya.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close