ECONOMY

Sapuhi Minta Pemerintah Beri Kepastikan Soal Haji Tahun Ini

Indonesiaplus.id – Pemerintah diminta mempertegas layanan haji tahun ini bisa dilaksanakan atau tidak. Jika dipaksakan melaksanakan tanpa adanya kepastian, penyelenggara layanan jasa perjalanan atau travel umrah dan haji bisa bangkrut.

Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengungkapkan, meski ada pelarangan sementara ibadah umrah oleh Pemerintahan Arab Saudi saat ini, akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19), dalam sejarah penyelenggaraan ibadah haji tidak pernah dilarang oleh Arab Saudi.

“Hingga saat ini, belum pernah sebenarnya pernah ditutup jemaah haji di tahun keberangkatan, saya kira tidak,” kata Syam di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Ahad (8/3/2020).

Ia mengaku tidak bisa memastikan apakah tahun ini pemerintah Arab Saudi akan benar-benar turut melarang sementara ibadah haji atau tidak. Sapuhi meminta pemerintah bisa menegaskan hal tersebut kepada pemerintah Arab Saudi.

Tidak semua penyelenggara travel haji dan umrah memiliki arus dana atau cash flow yang memumpuni dalam menghadapi penundaan perjalanan. Akibatnya, dana yang mereka sudah tempatkan bisa mengganggu neraca keuangan dan berujung pada kebangkrutan.

“Cashflow dari perusahaan bisa dikategorikan pada suatu saat bisa bangkrut. Makanya saya bilang tadi kalau semua sudah siap oke, kita jalan enggak ada masalah, siap,” katanya.

Hingga saat ini, pemerintah masih mewajibkan para jemaah haji melalui travel melunasi pembayaran haji khusus pada 16 Maret 2020 dan haji reguler pada 17 Maret. Padahal, pemerintah Arab Saudi belum bisa memastikan kapan pelarangan sementara ibadah umrah bisa dibuka kembali.

“Misalnya ada yang enggak siap terutama travel-travel kecil yang jamaahnya sedikit, dia umrahnya lebih besar dari pada hajinya, tentunya dengan umrah uang dia di luar terus di tambah di suruh bayar pelunasan haji walaupun jamaah sudah bayar kemungkinan cash flownya kalah lagi,” pungkasnya.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close