ECONOMY

Miliki Tanah Wakaf 522.000 Meter Persegi, RI Tercatat Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesiaplus.id – Saat ini, Indonesia memiliki tanah wakaf 522.000 meter persegi dan tercatat sebagai negara nomor wahid paling dermawan di dunia.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama (Kemenag) Tarmizi Tohor menyatakan bahwa Indonesia memiliki nazhir wakaf terbanyak di dunia yaitu ada sekitar ribuan nazhir perorangan dan 248 nazhir wakaf uang.

“Saat ini sudah ada 22 bank syariah penerima wakaf uang. Adapun menurut Bank Wakaf Indonesia (BWI) potensi wakaf uang nasional sebesar Rp 180 triliun per tahun, ” ujar Tarmizi, dalam webinar ISEF di jakarta, Jumat (30/10/2020).

Kementerian Agama meminta kepada Bank Indonesia jika ada masyarakat yang ingin berwakaf uang tidak perlu datang ke kantor cabang perbankan, cukup melalui online.

“Bagi warga yang mau wakaf Rp100 ribu cukup online. Tidak perlu datang ke bank sayang kalau ke bank, ongkosnya malah lebih gede,” kata Tarmizi.

Pemerintah mencatat potensi wakaf di Indonesia masih sangat besar, sehingga secara nasional senilai Rp 217 triliun atau setara 3,4 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close