ECONOMY

Menhub Janji, Tol dari Brexit Hingga Weleri Gigratiskan Saat Lebaran

Senin, 22 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Jalan tol selepas pintu keluar tol Brebes Timur sampai Weleri di Kendal, Jawa Tengah akan dibuka H-15 usai lebaran. Jalur tersebut bisa digunakan secara fungsional.

Fungsional yang dimaksud, yaitu tol belum jadi dan diaspal. Mungkin masih berupa beton dasar, dan belum ada marka dan lampu jalan di tol tersebut.

“Jalan antara Brexit sampai Weleri itu fungsional, artinya belum berfungsi sebagai tol. Jadi kalau fungsional itu bisa dipakai tapi tidak bayar,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai acara Topping Off Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka, Minggu (21/05/2017).

Jalur tersebut, kata Budi, hanya bisa digunakan untuk kendaraan kecil saja. Selain itu, juga akan menambah sejumlah rest area agar pemudik yang kehabisan bahan bakar bisa mengisi SPBU yang ada rest area tersebut.

“Satu hal yang kurang selama ini di jalan Pantura terjadi penumpukan di pom bensin, jadi Pertamina akan menjual di rest area bensin dalam jeriken sehingga mereka tidak perlu sampai Pantura dulu baru isi bensin,” katanya.

Rencananya akan dibangun 4 rest area dari tol Cipali sampai Brexit. “Paling tidak tadi direncanakan ada 4 rest area yang dibuat di mana di situ ada warung dan sebagainya,” ucapnya.

Selaku PT Waskita Karya Tbk kontraktor pembangun tol, telah membangun jalan sementara ini dengan beton lean concrete (LC) setebal 10 cm. Proses pembuatan jalan beton LC bagi pemudik sudah hampir rampung.

Melalui ruas jalan mulai dari Brebes timur hingga Pemalang sepanjang 37 km dan melintasi 13 jembatan, hampir seluruhnya selesai proses pengecorannya. Ruas jalan yang belum dicor hanya menyisakan 10 km, yakni di daerah Kecamatan Surodadi, Kabupaten Tegal.[Sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close