ECONOMY

Kemnaker Gelar Side Event Presidensi G20 di Bidang Ketenagakerjaan

Indonesiaplus.id – Posisi Kementerian Ketenagakerjaan selaku focal point Presidensi G20 Indonesia di bidang ketenagakerjaan menggelar G20 Entrepreneurship Roundtable 2022.

Agenda ini merupakan side event Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan untuk mendukung pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan dan inklusif, serta penciptaan lapangan kerja yang lebih stabil.

“Agenda ini upaya kolektif kami untuk terus mempromosikan kewirausahaan dan mendukung UMKM sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja, sejalan dengan komitmen kami dalam Pertemuan Menteri-menteri Ketenagakerjaan G20 (G20 Labour and Employment Ministers Meeting/LEMM),” kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, saat menyampaikan keynote speech pada acara G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 melalui sambungan video, Rabu (26/10/2022).

The G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 mengusung tema Inclusive and Sustainable Entrepreneurship as Job Creation Instruments (Kewirausahaan Inklusif dan Berkelanjutan sebagai Instrumen Penciptaan Lapangan Kerja).
Agenda ini melibatkan negara-negara anggota G20, organisasi internasional, pelaku bisnis, akademisi, dan stakeholders lainnya yang terkait dengan isu kewirausahaan dan perluasan kesempatan kerja.

Forum G20 LEMM telah menghasilkan beberapa rekomendasi kebijakan untuk mendorong kewirausahaan dan mendukung UMKM sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja. Berbagai rekomendasi fokus pada kelompok rentan dan menggunakan pendekatan responsif gender.

Adapun beberapa rekomendasi tersebut di antaranya: Pertama, mendukung lingkungan bisnis yang kondusif dan memformalkan perusahaan. Kedua, mempromosikan kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan.

Ketiga, membantu pengusaha dan UMKM mengatasi tantangan dan mempertahankan perkembangan mereka. Keempat, melindungi hak dan kepentingan pengusaha, UMKM, dan karyawannya.

Rekomendasi kebijakan tersebut akan berhasil jika anggota G20 dapat bersama-sama mengimplementasikannya. Salah satunya dapat dilakukan dan ditindaklanjuti melalui G20 Roundtable Entrepreneurship 2022.

“Melalui even yang digelar ini, saya berharap hasil diskusi G20 Roundtable Entrepreneurship 2022 berdampak dalam mendukung kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja,” katanya.[tat]

Related Articles

Back to top button