TECHNOLOGY

Muslim Indonesia, Ayo Cek Arah Kiblat 27-28 Mei Matahari Tepat di Atas Kabah

Indonesiaplus.id – Pada 27 Mei dan 28 Mei 2020 matahari akan berada tepat di atas Ka’bah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan umat Islam diimbau mengecek arah kiblat tepatnya pukul 16.18 WIB.

Seperti dikutip dari akun instagram resmi BMKG @infobmkg, umat Islam bisa ngecek langsung kiblat dengan menggunakan benda berbentuk batang secara tegak lurus. Lalu, tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol.

Maka hasil akhirnya adalah arah kiblat yang benar (atau baru) adalah arah yang ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang tersebut.

“Terjadinya peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah bagian Barat. Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun, yakni pada 27-28 Mei pukul 16.18 serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB,” tulis keterangan BMKG itu.

Sedangkan, untuk Indonesia bagian Timur, termasuk sebagian dari Indonesia Tengah bagian Timur, penentuan arah kiblatnya bisa dilakukan saat matahari di atas diantipoda Ka’bah (sebalik arah Ka’bah), yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Urais Binsyar Kemenag), Agus Salim, berdasarkan data astronomi pada Rabu (27/05) dan Kamis (28/05), matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah.

“Fenomena alam ini terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah,” ungkapnya. dalam keterangan resmi, Selasa (26/5/2020).[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close