TECHNOLOGY

Mega Proyek Google-Facebook, Internet Bisa Ngacir

Indonesiaplus.id – Raksasa mensin pencari Google dan media sosial Facebook berkolaborasi untuk membangun kabel internet bawah laut 8 ribu mil antara Los Angeles, Amerika Serikat dan Hong Kong.

Kolaborasi tersebut, diklaim adalah kabel internet terpanjang dan tercepat di Pasifik. Diperkirakan kabel itu akan memiliki kecepatan akses data 120 Terabit per detik. Dilansir Telegraph, Kamis (13/10/2016), proyek bernama The Pacific Light Cable Network (PLCN) rencananya akan diluncurkan pada musim panas 2018.

Pada pembangunan kabel internet bawah laut itu, Facebook dan Google juga mengajak dua perusahaan telekomunikasi, Pacific Light Data Communication dan TE SubCom.

Kedua perusahaan telekomunikasi itu punya misi yang sama untuk meningkatkan kecepatan koneksi antardua benua. “PLCN akan membawa latensi rendah, keamanan dan bandwidth yang lebih besar untuk pengguna Google di wilayah Asia Pasifik,” kata Direktur dan Principal Engineer Global Network Infrastructure Google, Brian Quigley.

Kecepatan proyek PLCN Google dan Facebook kali ini diklaim dua kali lebih cepat dari kabel internet trans-Pasifik yang tersedia saat ini, yang juga melibatkan Google.[Sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close