SPORTS

Adu Penalti, Pupus Mimpi Timnas Swiss Maju ke Semifinal Piala Eropa

Indonesiaplus.id – Drama adu penalti menjadikan Yann Sommer hanya bisa tergolek lemas ketika gagal menepis tendangan Mikel Oyarzabal.

Akhirnya, timnas Swiss gagal melangkah ke semifinal Piala Eropa 2020 usai dikalahkan Spanyol dengan skor 3-1, setelah bermain imbang 1-1, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Dengan penampilan Sommer di bawah mistar gawang Swiss benar-benar menghipnotis penggemar yang hadir di Stadion ST Petersburg.

Betapa tidak, kiper berambut gondrong tersebut mampu menepis peluang pemain Spanyol sebanyak 10 kali penyelamatan.

Berdasarkan statistik menyebut Sommer sebagai satu-satunya kiper dengan tingkat keberhasilan menyelamatkan peluang lawan dalam satu pertandingan di Piala Eropa 2020. Itu sama saja dengan pencegahan 1,5 gol.

Melihat kemampun yang bisa menepis tendangan Rodri. Tetapi penampilan apiknya di bawah mistar gawang Swiss masih belum diselimuti keberuntungan.

Sebab, timnas Spanyol justru keluar sebagai pemenang setelah menang 3-1 dalam drama adu penalti. Trofi pemain terbaik dalam satu pertandingan pun jatuh ke tangan Unai Simon.

Memang, agak aneh ketika UEFA menunjuk Simon sebagai man of the match di laga ini. Jika mengacu selama 120 menit pertandingan berlangsung, Swiss hanya mampu mengancam gawang Spanyol sebanyak tiga kali.

Satu di antaranya berhasil menggetarkan gawang Spanyol. Sementara Tim Matador rajin membombardir pertahanan La Nati, dan bahkan mereka mampu melepaskan 13 tandangan yang mengancam gawang Sommer .

Bisa jadi Simon sukses menggagalkan tendangan Fabian Schaer dam Manuel Akanji pada drama adu penalti dianggap sebagai pahlawan kemenangan timnas Spanyol.

Menurut pengamat teknis UEFA, Mixu Paatelainen, menggarisbawahi peran krusial ini.[ian]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close