POLITICS

Wantimpres: Sosok Yudi Latif Pas Jabat Ketua Lembaga UKP-PIP

Selasa, 6 Juni 2017

Indonesiaplus.id – Pasca mengemuka rencana pembentukan lembaga Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Kini, sejumlah nama menguat untuk mengisi posisi di lembaga tersebut.

Salah satu di antarnaya adalah cendikiawan Yudi Latif. Saat sarahsehan mendiskusikan Pancasila yang diadakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Selasa (6/6/2017), ia hadir sebagai pembicara bersama anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto.

Pembawa acara saat hendak memulai diskusi sempat memanggil nama Yudi Latif untuk maju ke depan dengan menyebut, “Selamat datang Calon Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Bapak Yudi Latif, yang dalam waktu dekat akan dilantik Bapak Presiden.”

Tak pelak, peserta dikusi yang hadir pun sempat bertepuk tangan. Yudi yang juga naik ke atas panggung sempat kikuk ketika namanya dipanggil sebagai salah satu calon pejabat negara yang akan dilantik Presiden.

Yudi kaget, surat edaran rencana pelantikan dirinya sebagai Kepala UKP-PIP ternyata sudah tersebar luas di masyarakat. Maka ia tak mau mengatakan secara eksplisit bahwa surat edaran pelantikannya benar atau tidak.

“Sebenarnya sudah ada edaran dari Istana. Tapi saya tidak tahu, dan ndak mau bilang dulu,” katanya.

Sidarto menimpali rencana pelantikan Yudi yang akan dilakukan esok hari oleh Presiden. Menurut dia, Yudi adalah sosok yang tepat mengisi lembaga tersebut lantaran sudah memahami ideologi Pancasila baik sebagai akademisi atau pun aktivis.

Sejak menjabat Ketua MPR menggantikan mendiang Taufik Kiemas, Sidarto mengatakan banyak berdiskusi kenegaraan dengan Yudi Latif, karena memiliki pemikiran bagaimana membangun Indonesia berasaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Beliau akan dilantik Kepala UKP-PIP. Jabatan setingkat Menteri. Tepuk tangan untuk Pak Yudi Latif. Ini mimpi kita bersama,” tukas Sidarto.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close