POLITICS

Perludem Minta Parpol Harus Komitmen Wujudkan Damai

Selasa, 26 Maret 2019

Indonesiaplus.id – Pengusung capres dan cawapres dari partai politik (parpol) diminta mematuhi aturan main kampanye rapat umum yang digelar KPU selama 21 hari, mulai 24 Maret hingga 13 April 2019.

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengatakan, parpol harus berkomitmen melakukan kampanye damai, agar tak mencederai pesta demokrasi dan menumbuhkan apatisme serta respons buruk di mata publik.

“Bagi parpol yang tidak komitmen berkampanye bersih dan damai, risikonya bisa kehilangan suara. Terlebih, ketidaksesuaian perilaku dan komitmen sangat mudah diidentifikasi serta diberitakan media,” ujar Titi di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Menurut Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, jajarannya di daerah memantau pelaksanaan kampanye rapat umum. Berdasar laporan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, semua berjalan lancar, tanpa diwarnai permasalahan yang berarti.

KPU berharap peserta pemilu bisa mengoptimalkan kampanye dengan baik untuk meraih simpati masyarakat menuju pemungutan suara.

“Ragam fasilitas iklan kampanye di media massa pun telah dilaksanakan, baik di televisi, radio, surat kabar, dan online,” tandasnya.

Masing-masing paslon telah memberikan surat pemberitahuan kepada KPU terkait jadwal kampanye. Menyangkut waktu, mereka dapat memberitahukan jadwal untuk 21 hari atau per-Minggu.

Bergantung paslon masing-masing, tapi prinsipnya paslon wajib menyerahkan jadwal kampanye pada KPU dan Bawaslu. Ini pun, berlaku untuk parpol, sesuai dengan tingkatannya.[mus]

Related Articles

Back to top button