POLITICS

Pengamat: Rakyat Ragu dengan Nakhoda Baru Parlemen

Indonesiaplus.id – Rakyat masih ragu dengan tiga kepemimpinan di Parlemen. Ketiga pimpinan harus membuktikan atau setidaknya mampu mengembalikan kepercayaan publik yang saat ini pudar.

Kemarin petang, politikus PDI Perjuangan, Puan Maharani ditetapkan menjadi Ketua DPR, lalu disusul mantan Ketum PSSI, La Nyalla Mattalitti terpilih melalui voting menjadi Ketua DPD.

Terakhir, penentuan Ketua MPR yang baru bakal diputuskan hari ini atau selambat-lambatnya pada Jumat(4/10/2019).

“Rakyat akan terkebiri kepentingan pribadi, kelompok dan partai. Ke depan, kinerja Parlemen sepertinya tak akan jauh beda dengan parlemen sebelumnya,” ujar Direktur Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, Rabu (2/10/2019).

Pimpinan dan anggota parlemen, kata Ujang, mesti melakukan refleksi dan evaluasi agar kinerja mereka ke depan lebih baik dari anggota parlemen sebelumnya.

Para wakil rakyat di Senayan harus mampu membuktikan bahwa anggota parlemen yang baru adalah cerminan wakil rakyat yang amanah bekerja hanya untuk rakyat, bangsa, dan negara. “Bukan memperkaya diri, kelompok, orang lain,” katanya.

Analis Politik asal Universitas Al Azhar ini, meminta rakyat memberi kesempatan kepada mereka membuktikan diri, bahwa keberadaan mereka menjadi pembeda dari wajah parlemen sebelumnya.

“Sebab, mereka digaji dengan uang rakyat untuk membela rakyat. Bukan bersekutu dengan pemerintah membuat kebijakan yang berlawanan dengan kehendak rakyat,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close