POLITICS

Peneliti Bilang, Pembuat Berita Hoax Terbaik itu Penguasa

Rabu, 18 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Berseliwerannya informasi dan ramainya pemberitaan menjadikan istilah hoax diperbincangkan banyak kalangan.

Menurut Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, Rocky Gerung, bahwa terkait isu hoax dan pembuat hoax yang terbaik adalah penguasa.

“Pembuat hoax terbaik adalah penguasa, sebab mereka memiliki seluruh peralatan untuk berbohong. Intelijen dia punya, data statistik punya, media punya. Orang marah, tapi itulah faktanya,” ujar Rocky dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (17/1/2017) malam.

Menurut pria yang berprofesi sebagai penulis dan dosen ini, bahwa hanya pemerintah yang mampu berbohong dengan sempurna. Potensi untuk membuat hoax sangatlah besar.

“Bahwa hanya pemerintah yang mampu berbohong dengan sempurna. Saya enggak ingin dia berbohong, tapi potensinya, dia bisa lakukan itu,” katanya.

Misalnya, bagaimana kebohongan itu dibuat. Salah satunya terkait debat Pilkada DKI Jakarta, yang menyebutkan Ahok mendapatkan penghargaan empat kali berturut-turut.

“Pak Ahok bilang development index-nya tertinggi se-Indonesia dalam dua tahun berturut-turut. Oleh karena itu, Ahok dapat award empat kali. Sebagai fakta, itu benar. Tapi sebagai pesan politik, itu adalah hoax, karena enggak ada gunanya menyebutkan itu. Sebab, dari 10-12 tahun lalu, Jakarta selalu di atas, sebagai Ibu Kota dengan APBN 27 triliun,” tandasnya.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close