POLITICS

Mulai Besok Polda Metro Terapkan Sistem Tilang ETLE

Ahad, 30 Juni 2019

Indonesiaplus.id – Besok, Senin (1/7/2019), Polda Metro Jaya akan memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Masyarakat, kata Polisi, sudah paham cara kerja tilang elektronik ini mengingat sudah diperkenalkan sejak 1 November 2018.

“Polisi sudah memperkuat sistem perekaman dan pelaporan. Puluhan petugas akan bekerja sebanyak tiga shift selama 24 jam, ” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf di Jakarta, Ahad (30/1/2019).

Dari server yang tersimpan di Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya, petugas akan mencapture pelanggaran dan melaporkan pada sistem.

Lalu, sistem mengirimkan bukti pelanggaran ke nomer ponsel dan alamat sesuai registrasi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Dalam pengiriman surat konfirmasi dan foto bukti pelanggaran akan dilakukan ke alamat pemilik melalui PT Pos, atau email. Proses ini akan berlangsung selama tiga hari setelah terjadinya pelanggaran.

Usai mendapatkan surat konfirmasi, pemilik kendaraan wajib melakukan konfirmasi penerimaan melalui laman www.etle-pmj.info atau melalui aplikasi Android ETLE-PMJ.

“Jadi, pemilik kendaraan bisa mengirimkan blanko konfirmasi itu ke Posko ETLE di Subdit Gakkum Ditlantas Polda
Metro Jaya di Pancoran. Pelanggar diberikan waktu lima hari melakukan konfirmasi,” tandasnya.

Nantinya pemilik wajib mengklarifikasi siapa pengendara yang waktu itu melanggar. Pembayaran bisa dilakukan selama 7 hari untuk membayar denda tilang melalui bank atau mengikuti proses itu maka STNK kendaraan yang melanggar akan diblokir.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close