POLITICS

Kompolnas: Propam Harus Periksa Video Oknum Polisi Pukuli Mahasiswa

Indonesiaplus.id – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) diminta memeriksa oknum polisi yang terekam dalam sebuah video sedang memukuli mahasiswa dan video itu viral di media sosial (medsos).

Demikian disampaikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta agar video-video viral yang menampilkan tindakan represifitas aparat kepolisian ‎dicek kembali kebenarannya. Saat ini marak video yang mengadung berita bohong atau hoaks bersliweran di media sosial (medsos).

“Namun, jika ternyata dari pemeriksaan tersebut mengandung kebenaran, maka Propam harus memeriksa anggota yang diduga terlibat,” ujar Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti di Jakarta, (26/9/2019).

Dalam dua hari belakangan ini marak video-video yang menampilkan kekerasan aparat kepolisian terhadap mahasiswa di medsos. Poengky menemukan ada video kekerasan pihak kepolisian yang tidak berkaitan dengan kemarin.

“Ada video viral ternyata bukan kejadian di Indonesia. Saya mengharapkan masyarakat tidak begitu saja terpancing berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya,” tandasnya.

Polri diminta Kompolnas mengecek kebenaran sejumlah video kekerasaan terhadap mahasiswa dan menjelaskannya ke publik. Jika ternyata video yang viral hoaks, maka Polri diminta untuk mencar pelakunya.

“Bila dari pemeriksaan ternyata dapat dibuktikan tidak benar, maka Reskrim harus melacak siapa pembuat dan penyebarnya untuk dapat diproses hukum,” pintanya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close