POLITICS

BEM Siap Gelar Aksi Demo RKUHP, Polisi Antisipasi Penyusup

Indonesiaplus.id – Mengantisipasi aksi demo mahasiswa yang digelar di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (28/6) ini, sejumlah aparat kepolisian diterjunkan untuk mengantisipasi para penyusup.

Aksi demo ini diikuti oleh sejumlah elemen mahasiswa yang diperkirakan ada sekitar 500 hingga 1.000 mahasiswa yang akan terjun dalam aksi demo.

Polres minta kerja sama dari para mahasiswa dalam mengantisipasi para penyusup. Polisi pun menerjunkan personel untuk mengawal dan mengamankan aksi demo tersebut.

“Kami harap kerja sama untuk bersama-sama mengawasi. Karena yang tahu itu mereka-mereka juga siapa yang temannya atau bukan,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin.

Pihak Polres mengimbau bersama menjaga, jangan sampai aspirasi yang diusung dikotori oleh ulah oknum dari kelompok-kelompok lain yang akan bergabung.

Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo memastikan pihaknya melakukan pendataan terhadap rekan-rekan mereka yang turut dalam demo mengkritisi RKUHP di depan kompleks parelmen hari ini.

“Kami dari BEM UI sudah mendata betul massa aksi kami dengan g-form yang hanya bisa diisi oleh mahasiswa UI,” katanya.

“Namun, jika di lapangan kami terbuka kepada siapapun yang ingin bergabung mengikuti aksi. Tetapi, semua harus satu komando terhadap mobil komando,” ucapnya.

Hal senada disampaikan rekan Bayu, Koordinator Sosial Politik BEM UI Melki Sedek Huang bahwa dalam pertemuan virtual pematangan aksi semalam mereka telah berdiskusi terkait prosedur keamanan di dalam aksi.

“Kami saling menjaga dan berkomunikasi dengan massa aksi lain untuk saling jaga dan mengenal massa aksinya masing-masing, sehingga kami berusaha mencegah penyusupan, dan berunjuk rasa dengan aman hari ini,” ungkapnya.

Dalam unggahan di akun Twitternya, BEM UI menyampaikan demo dilakukan bersama dengan Aliansi Nasional Reformasi Rancangan Kita Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Melalui unggahan itu turut disampaikan bahwa aksi itu merupakan desakan kepada pemerintah dan DPR yang dianggap tidak terbuka terkait draf RKUHP.

“Kami mengajak kawan-kawan untuk menguningkan jalanan Senayan pada hari, tanggal Selasa, 28 Juni 2022, pukul 11.00 WIB sampai dengan menang,” tulis akun twitter BEM UI @BEMUI_Official, Senin (27/6).[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close