NATIONAL

BPBD: Status Semeru Waspada Kendati Luncurkan Awan Panas

Indonesiaplus.id – Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas yang terlihat sekitar pukul 17.33 dengan jarak luncur tiga kilometer dari puncak. Luncuran awan panas terlihat jelas dari wilayah kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Arah luncuran awan panas mengarah ke wilayah besuk bang dan besuk kembar. Kendati demikian status Gunung Semeru masih waspada level II.

“Status Gunung Semeru masih waspada level 2, Cuma ada sedikit kenaikan aktivitas yaitu luncuran lava pijar yang mengarah ke besuk bang dan curah kembar dengan jarak luncur 3.000 meter,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Selasa (3/3/2020).

Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 2 Maret 2020 pukul 00.00-24.00 Gunung Semeru mengalami delapan belas kali letusan, satu kali guguran, lima kali hembusan dan sepuluh kali tremor harmonik.

BPBD mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius satu kilometer dan wilayah sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan kawah aktif Gunung Semeru sebagai jalur luncuran awan panas.

“BPBD mengimbau warga di sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan menjaga kewaspadaan, serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara,” pungkasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close